Terkadang kita pernah merasa jauh dr Allah. Terlebih disaat terjerumus dalam dosa perasaan untuk lebih jauh lagi sangat terasa sekali. Tetapi janganlah kita berputus asa untuk mendapatkan rohmah dan kasih sayang dari Allah. Ada bbrp perbuatan yang mendatangkan kebaikan yaitu didoakan kebaikan oleh Malaikat. Dan hendaknya kita menjauhi perbuatan yang mengakibatkan doa kejelekan atau laknat dari Malaikat. 
 
Diantara mereka itu :

🍂1. Orang yang makan sahur.
Dari Abdullah bin Umar, Rasulullah bersabda :
“Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bershalawat kepada orang2 yang makan sahur”.
(HR. Ibnu Hibban dan Ath Thabrani, dishahihkan oleh Al-Albani dalam Shahih At Targhiib I/519)

🍂2. Orang yang mengunjungi saudaranya seiman karena Allah dan menjenguk orang sakit.

Dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda :
“Siapa yang menjenguk orang sakit atau mengunjungi suadaranya seiman, maka ada seorang yang menyeru dari langit: kamu adalah org baik, dan langkahmu juga baik dan engkau berhak menempati satu tempat di surga.” (HR. Al-Tirmidzi, dishahihkan Al-Albani dalam Shahih al-Targhib, 2578)

Dari ‘Ali bin Abi Thalib, Rasulullah bersabda :
“Tidaklah seorang mukmin menjenguk saudaranya kecuali Allah akan mengutus 70.000 malaikat untuknya yang akan bershalawat kepadanya di waktu siang kapan saja hingga sore dan di waktu malam kapan saja hingga shubuh” (HR Ahmad 754, dishohihkan Syaikh Ahmad Syakir)

🍂3. Seseorang yang mengajarkan kebaikan kepada orang lain.

Dari Abu Umamah Al Bahily, Rasulullah bersabda :
“Keutamaan seorang alim atas seorang ahli ibadah bagaikan keutamaanku atas seorang yang paling rendah diantara kalian. Sesungguhnya penghuni langit dan bumi, bahkan semut yang di dalam lubangnya dan bahkan ikan, semuanya bershalawat kepada orang yang mengajarkan kebaikan kepada orang lain”(HR Tirmidzy dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani II/343)

🍂4. Orang yang mendatangi majelis Ilmu dan duduk dalam majelisnya.

Rasulullah bersabda :
“Tidaklah duduk suatu kaum, kemudian mereka berzikir kepada Allah ‘Azza wa Jalla dalam duduknya hingga mereka berdiri, melainkan dikatakan (oleh malaikat) kepada mereka : Berdirilah kalian, sesungguhnya Allah telah mengampuni dosa2 kalian dan keburukan2 kalian pun telah diganti dengan berbagai kebaikan.”(HR. ath-Thabrani; disohikan Al-Albany dalam Shahiihul Jami’)

Rasulullah bersabda :
“Sungguh Para Malaikat merendahkan sayapnya sebagai keridloan kepada penuntut ilmu” [HR Ahmad, Abu Dawud,At-Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ibnu Hibban disohihkan Al-Albany).

Wallahu a’lam

📚Sumber: Tafsir Ibnu Katsir;Al-Mausu’ah Al-Hadits.